Tips Cara Membuat Kabel Jaringan – Crimping Kabel UTP dengan Konektor RJ45

Juni 17, 2011 at 6:59 am Tinggalkan komentar

Bagi Anda yang berencana membuat sebuah jaringan, sekedar referensi, langkah-langkah yang disajikan di bawah ini bersifat umum sebagai pedoman membuat pengkabelan jaringan. Sebagai contoh, kita akan melakukan pengkabelan untuk jaringan LAN (Local Area Network) dengan kabel UTP dan konektor RJ45, tetapi pada dasarnya metode umum yang sama akan bekerja untuk membuat berbagai macam pengkabelan jaringan.

Berikut langkah-langkahnya :

1. Mengupas bagian luar atau kulit kabel UTP seperti pada gambar, Anda akan melihat 8 kabel twisted/terlilit dalam 4 pasang.

2. Periksa setiap kabel twisted-nya, jangan sampai ada yang terkelupas atau tergores untuk mencegak terjadinya cross-talk atau hubungan pendek yang bisa mengakibatkan kabel LAN gagal tersambung.

3. Menguraikan kabel yang terlilit sehingga lurus seperti gambar di bawah. Benang putih yang ada dapat dipotong. Untuk penanganan lebih mudah, potong kabel sehingga panjang dari kulit kabel sekitar  3 / 4 “(19 mm) atau lebih.

4. Susun kabel berdasarkan spesifikasi kabel Anda mengikuti. Ada dua metode yang ditetapkan oleh TIA, 568A dan 568B. Yang mana yang Anda gunakan tergantung pada kebutuhan. Sebuah kabel straight-through digunakan untuk menghubungkan dua perangkat yang berbeda layer/lapisan (misalnya hub dan PC). Dua perangkat seperti biasanya memerlukan kabel cross-over. Perbedaan antara keduanya adalah bahwa kabel straight-through memiliki kedua ujungnya kabel identik dengan 568B, sedangkan kabel cross-over memiliki satu ujung kabel 568A dan ujung lainnya kabel 568B. Untuk demonstrasi kami dalam langkah-langkah berikut, kita akan menggunakan 568B, tapi instruksi dengan mudah dapat disesuaikan dengan 568A.

– 568B – Masukkan kabel dalam urutan berikut, dari kiri ke kanan:

* Putih oranye
* oranye
* Putih hijau
* biru
* Putih biru
* hijau
* Putih cokelat
* coklat

- 568A – dari kiri ke kanan: putih / hijau, hijau, putih / oranye, biru, putih / biru, oranye, putih / cokelat, cokelat. Anda juga dapat menggunakan 1-2-3-6/3-6-1-2 pola untuk mengingat yang kawat yang diaktifkan.


5. Tekan semua kabel dengan rata dan paralel dengan ibu jari dan jari telunjuk. Urutan warna tetap dalam urutan yang benar. Potong bagian atas kabel sehingga panjangnya sekitar 1 / 2 “(12,5 mm) dari kulit kabel. Pastikan memotong dengan rapi, untuk menghindari kegagalan sambungan dengan konektor.

6. Luruskan kabel-kabel agar ketika dimasukkan ke dalam konektor RJ-45 bisa menjangkau pin tembaga yang akan menjepit kabel-kabel. Posisi kabel putih-oranye harus di sebelah kiri jika Anda melihat ke bawah jack konektor. Pastikan setiap kabel masuk ke dalam pin-nya masing-masing dan pastikan bahwa urutan masih benar sebelum Crimping.

7. Tempatkan plug kabel ke alat crimping. Berikan tekanan yang kuat ketika melakukan crimping sampai mendengar suara ‘krek’ . Untuk memastikan semua pin ditetapkan, beberapa orang lebih suka untuk melakukan double-crimp dengan mengulangi langkah ini.

8. Ulangi semua langkah di atas dengan ujung kabel yang lain. Cara Anda kawat ujung lain (568A atau 568B) akan tergantung pada apakah Anda membuat straight-through, rollover, atau cross-over kabel.

9. Uji kabel untuk memastikan kabel berfungsi. Biasanya dilakukan dengan sebuah alat Cable Tester.

About these ads

Entry filed under: Jaringan/Networking, Tips Komputer dan Internet. Tags: , , , , , , , , , .

Tips Perawatan Laptop Masalah Virus Jaringan Warnet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


HiStats


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: