Cara Mengamankan Jaringan Wireless Anda

Juni 18, 2011 at 7:47 am 4 komentar

Jika Ada menggunakan perangkat wireless untuk sharing internet di rumah, biasanya menggunakan perangkat wireless seperti modem wireless broadband atau router atau access point, tentu saja Anda harus melakukan setting untuk kemanan jaringannya. Mengamankan jaringan wireless/nirkabel ini sangat penting, karena jika tidak, bisa saja misalnya tetangga Anda bukan hanya bisa masuk ke jaringan dan meminjam koneksi internet Anda, tetapi juga mungkin bisa mengakses  data file Anda dan mengintai apa yang Anda lakukan. Lebih buruk lagi, hacker dapat menggunakan koneksi internet Anda untuk meng-upload materi ilegal. Berlebihan?🙂 .

Berikut ini beberapa langkah untuk mengamankan jaringan wireless di rumah Anda;

1. Masuk ke modem/router/access point Anda melalui browser Anda, dengan memasukkan sesuatu yang disebut IP Address Gateway.

Untuk menemukan Alamat IP Gateway Anda dan tersambung ke dalam Windows
–  Klik Start> Run> ketik ‘cmd’> Klik ‘Enter’
–  Setelah jendela Command Prompt terbuka, ketik  ‘ipconfig / all’dan tekan ‘Enter’
–  Cari baris berlabel ‘Gateway’ dan membuat catatan dari nomor yang berikut. Secara default biasanya  ‘192 .168.1.1 ‘
–  Buka Internet Explorer atau Mozilla Firefox  (atau browser favorit Anda)
– Masukkan IP Address Gateway ke address bar dan klik ‘Enter

2. Aktifkan enkripsi pada access point Anda. Menggunakan enkripsi 128-bit atau lebih tinggi membuat Wireless Network Anda lebih aman. WEP dan WPA skema enkripsi yang sama sekali berbeda. WEP telah terbukti aman dan dapat ditembus dalam beberapa menit dengan menggunakan utilitas gratis yang dapat didownload dari Internet. Menggunakan WPA lebih dianjurkan, karena jauh lebih aman. Perangkat-perangkat wireless baru biasanya sudah mendukung metode WPA ini.

3. Tentukan passwordnya.  Jika Anda lupa password, kebanyakan reset hardwaredapat  mengembalikan semua pengaturan ke default pabrik.

Gunakan password yang aman. Jangan gunakan password yang mudah ditebak. Anda bisa kompbinasikan huruf dan angka seperti  “ABC123”, “Password”, atau serangkaian angka dalam urutan. Gunakan sesuatu yang sulit untuk ditebak misalnya berisi huruf besar dan huruf kecil serta angka. Karakter khusus seperti !@#$% tidak didukung oleh beberapa router. Semakin panjang password, semakin baik, meskipun tombol biasanya perangkat wireless seperti modem/router atau access point memiliki aturan panjang minimum dan maksimum untuk password. Cobalah untuk membuat password yang terbaik mungkin akan sulit untuk diingat, tetapi mereka lebih sulit untuk ditebak.

Ubah Service Set Identifier (nama jaringan atau “SSID”) dari default ke sesuatu yang unik, misalnya ‘Rumah Anda HotSpot’ atau yang lain asal jangan dibiarkan default. Sebuah default SSID  akan memudahkan hacker untuk mengetahui dan menebak bahwa jaringan dibentuk oleh pemula, meskipun sebenarnya  SSID tidak terlalu berpengaruh pada keamanan jaringan Anda, karena yang terpenting adalah passwordnya.

4. Aktifkan MAC Address filtering pada Access Point atau router. Sebuah MAC addtess  adalah kode unik untuk setiap kartu jaringan wireless/nirkabel yang ada. MAC Address filtering akan mendaftarkan MAC Address perangkat keras perangkat jaringan Anda, dan hanya memungkinkan perangkat dengan Alamat MAC dikenal untuk terhubung ke jaringan Anda.

5. Nonaktifkan remote login. Username default kebanyakan diatur ke Admin. Hal ini tidak sulit bagi virus / worm untuk crack password jika username dikenal. Pastikan untuk mengkonfirmasi bahwa remote login dinonaktifkan ketika Anda pertama kali mengkonfigurasi router dan berkala sesudahnya. Jika Anda perlu memperbarui pengaturan modem/router anda dari jarak jauh, hanya mengatur akses untuk waktu Anda akan dihubungkan.

6. Nonaktifkan akses admin dengan nirkabel. Anda bisa mengubah pengaturan yang memungkinkan pengadministrasian modem/router melalui sambungan wireless menjadi  ‘off’ (yang berarti bahwa jika Anda mau mengkonfigurasi ulang maka harus menghubungkan komputer dengan kabel LAN untuk administrasi). Ini dilakukan untuk mencegah hacker masuk menyamar sebagai admin.

Entry filed under: Jaringan/Networking, Setting Modem, Tips Komputer dan Internet. Tags: .

Tips untuk Menjaga Agar Password Anda Aman Saat Berinternet Cara Membuat Sendiri Amplop/Cover CD dari Kertas

4 Komentar Add your own

  • 1. anto  |  Desember 1, 2011 pukul 7:25 am

    thanks atas infonya

    Balas
  • 3. emank  |  Februari 25, 2012 pukul 8:00 am

    bagaiman klau IP Address Gateway tidak ada no mornya,…
    saya pake ZTE ZXV10 W300S dari telkom

    Balas
    • 4. garutkomputer  |  Februari 25, 2012 pukul 10:33 am

      boleh coba direset dulu modemnya..

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Facebook Like Box

RSS Full Free Downloads – vimo KOMPUTER

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

HiStats


%d blogger menyukai ini: